VISI MISI

VISI

 

”Terwujudnya penyelenggaraan kearsipan sebagai pusat dokumentasi dan informasi, dan perpustakaan sebagai pusat belajar dengan layanan profesional dan inklusif yang berbasis teknologi informasi multi media”.

Penjelasan makna dari visi tersebut :

Arsip  merupakan sumber informasi dan bahan pertanggung jawaban pemerintah baik dalam bidang pemerintahan,  pembangunan, dan kemasyarakatan. Untuk itu maka peran arsip sangat strategis dan menentukan kelancaran pemerintahan.

Perpustakaan merupakan sarana penunjang pendidikan yang sangat penting, karena merupakan wadah ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga  Perpustakaan sebagai urat nadi pendidikan dan  jantung pendidikan

Guna mewujudkan  hal tersebut Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru  ingin mewujudkan pelayanan dibidang kearsipan dan perpustakaan yang cepat, tepat dan bertanggungjawab didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi sehingga terwujud pelayanan yang profesional dan inklusif.

MISI

 

Untuk dapat mewujudkan visi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah adalah dengan melaksanakan misi:

  • Mewujudkan kearsipan yang mendukung penyelenggaraan pemerintah dan penyediaan layanan dan akses arsip untuk kepentingan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, penelitian dan ilmu pengetahuan;
  • Menjadikan perpustakaan sebagai akses sumber ilmu pengetahuan, pembinaan perpustakaan sekolah, umum dan khusus serta eksplorasi dan peningkatan sumber daya manusia;
  • Meningkatkan Kualitas layanan jasa kearsipan dan perpustakaan yang profesional, inklusif dan responsif berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  • Meningkatnya pemasyarakatan gemar membaca melalui stake holder dan kelompok komunitas di masyarakat

Penjelasan makna dari misi yaitu :

  1. Peningkatan pelayanan perpustakaan dan kearsipan dapat dicapai dengan optimal apabila didukung tersedianya sarana dan prasarana yang diperlukan. Sarana dan prasaranan yang dimaksud disini seperti sarana pengolahan buku dan arsip, sarana penyimpanan buku dan arsip dan gedung baik gedung perpustakaan maupun depo arsip yang refresentatif dan sarana serta prasarana pendukung lainnya.
  2. Sumber Daya Manusia merupakan faktor penentu berhasil tidaknya tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu Sumber Daya Manusia baik bidang perpustakaan maupun bidang kearsipan perlu terus ditingkatkan kualitas dan kompetensinya sehingga akan terwujud suatu pelayanan yang berkarakter.
  3. Untuk terwujudnya pelayanan perpustakaan dan kearsipan yang cepat, tepat dan bertanggungjawab maka sangat penting didukung sistem pelayanan yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . Dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi maka pelayanan akan cepat, mudah dan Selain itu pembinanan perpustakaan dan kearsipan akan terus ditingkatkan sehingga Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bukan hanya dari sisi pelayanan  tetapi juga pembinaan.