RAPAT PENYUSUNAN INSTRUMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN DINAMIS

IMG_6496

Banjarbaru, Selasa 23 Mei 2017 bertempat di Aula Pustarda Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru. Rapat penyusunan Instrumen Pengelolaan Arsip Dinamis ini adalah untuk menindaklanjuti Surat dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor B-PK.03.00/737/2017 sekaligus untuk menyampaikan informasi dan menyamakan persepsi tentang penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Pemerintah Kota Banjarbaru.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru juga menyampaikan bahwa Kegiatan Kearsipan di Kota Banjarbaru mulai berkembang seiring terbentuknya Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru dimana salah satu bidang adalah Bidang Kearsipan. Prasarana dan Sarana sudah mulai dipenuhi diantaranya telah dibangunnya Depo Arsip Kota Banjarbaru sebanyak 2 ( dua ) buah pada tahun 2013 dan tahun 2016 yang diresmikan langsung olek Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ) pada tanggal 6 Februari 2017.

Selanjutnya dalam kebijakan kearsipan di Kota Banjarbaru sudah ada 2 ( dua ) buah Perwali, yaitu Perwali Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Tata Kearsipan Pemerintah Kota Banjarbaru dan Perwali Nomor 23 Tahun 2011 tentang Jadwal Retensi Arsip Pemerintah Kota Banjarbaru. Dalam Pengelolaan Kearsipan Dinamis, ada 4 (empat) Instrumen Peraturan yang disediakan yaitu :

  • Perwali tentang Tata Naskah Dinas,
  • Perwali tentang Klasifikasi Arsip,
  • Perwali tentang Jadwal Retensi Arsip,
  • Perwali tentang Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip.

Dari 4 ( empat ) Instrumen tersebut, 3 (tiga) diantaranya adalah merupakan tanggung jawab Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru, sementara 1 ( satu ) lagi adalah Bagian Organisasi yaitu Tata Naskah Dinas. Untuk Perwali tentang Klasifikasi Arsip, sudah kita sampaikan konsep revisi Perwali Nomor 13 tahun 2009 karena ada peraturan diatasnya yang berubah, sedangkan Perwali Nomor 23 tahun 2011 akan direvisi juga karena ada perubahan peraturan diatas, dan untuk merevisi itu perlu masukan dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah ( SOPD ) Kota Banjarbaru yang hari ini kita laksanakan rapat bersama-sama menyusun rancangan Jadwal Retensi Arsip ( JRA )

IMG_6518

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru merencanakan untuk dapat menyelesaikan ke-tiga Instrumen Pengelolaan Arsip Dinamis pada tahun 2017, karena Insya Allah pada tahun 2018 akan dibuatkan Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan Pemerintah Kota Banjarbaru yang secara konsep Raperda sudah disampaikan permohonan ke Bagian Hukum Sekretariat Daerah untuk dimasukan didalam Prolegda tahun 2018.

Dengan adanya Peraturan / kebijakan kearsipan seperti ini, kami berharap kearsipan di Kota Banjarbaru akan cepat berkembang dan maju di banding daerah lain dan nantinya memungkinkan semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah ( SOPD ) dapat membenahi dan menyiapkan segala kebutuhan sarana dan prasarana, peralatan dan ruangan penyimpanan arsip serta penyediaan anggaran khusus untuk kegiatan kearsipan.

Peserta Rapat Penyusunan Instrumen Pengelolaan Arsip Dinamis diikuti oleh Pejabat yang membidangi tugas kearsipan/tata usaha pada seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru yang berjumlah 40 orang. Dan Narasumber kegiatan ini berasal dari Pejabat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Kalimantan Selatan dan Pejabat dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *