Lomba Bercerita tingkat SD sederajat dalam rangka HUT Banjarbaruke 18 tahun 2017

 

Banjarbaru, Senin 27 maret 2017 ; Pelaksanaan Lomba bercerita kali ini diikuti oleh 47 orang peserta utusan dari SD Sederajat se Kota Banjarbaru. Peserta sangat antusias mengikutlomba beri acara ini karena memperebutkan hadiah yang menarik dari PEMKO BANJARBARU, peserta sudah mulai berkumpul Jam 08.00 pagi di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan daerah Kota Banjarbaru walaupun acara dilaksanakan jam 09.00 WIB. Berbagai atribut yang dibawakan oleh peserta baik dari kostum maupun alat peraga untuk menunjang tema cerita yang dibawakannya.Tema bercerita dalam lomba ini adalah ‘ “Pahlawan Inspirasiku ” dan berbagai materi lomba yang dibawakan peserta dari Orang tua (ibu), Guru dan Pahlawan Nasional seperti tokoh pahlawan RA. kartini, Dewi Sartika, dan tidak ketinggalan pahlawan Kalimantan seperti Pangeran Antasari dan Ratu Zaleha dan lainnya.

Juri yang menjadi lomba bercerita tingkat SD sederajat kali ini adalah orang pilihan yang berpengalaman dalam hal bercerita yaitu aktivis pendongeng Kal-Sel areal Banjarmasin, Banjarbaru dan Kab Banjar bunda Enik Mintarsih dan budayawan HE Benyamine. dan yang menjadi kreteria penilaian dari dewan juri adalah penampilan, Teknik bercerita, Penguasaan materi dan Skill/ Kemampuan. Kak ari merupakan salah satu master Dongeng Nasional dan Ketua dari Persaudaraan Pendongeng Muslim Indonesia (PPMI). Bersama teman-temannya di PPMI mereka membangun karakter bangsa melalui cerita.

Tepat jam 14.00 acara lomba selesai dilaksanakan dengan pemenang Juara I Nazlamiah Mariam dari SDIT Robbani Banjarbaru mendapatkan uang Tunai Rp.750.000,- Juara II Maya Ramadahni dari SDN 3 Bangkal mendapatkan uang tunai Rp.650.000,- Juara III Anna Tyas Ramadhani dari SDN 2 Guntung Paikat mendapatkan uang tunai Rp.550.000,- Juara harapan I Ayuning Listari dari SDN 3 Komet mendapatkan uang tunai Rp.450.000,- Juara harapan II Infinity Qinimain Zain mendapatkan uang tuIMG_20170327_091003nai Rp.350.000,- dan Juara harapan III Yosia Anandhita mendapatkan uang tunai Rp.250.000,- dan masing-masing pemenang mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari Pemko Banjarbaru.

Pemenang dalam lomba ini akan disiapkan mengikuti lomba bercerita tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2017 ini. Diharapkan dengan lomba ini akan memotivasi anak agar bisa menghargai diri sendiri, melatih kepercayaan diri dan kemampuan berbahasa dan yang terpenting adalah meningkatkan minat budaya baca lebih dini. (by Ros)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *