PERESMIAN DEPO ARSIP KOTA BANJARBARU SEKALIGUS PENCANANGAN “GASAN” BANJARBARU BERKARAKTER OLEH KEPALA ANRI BERSAMA WALIKOTA BANJARBARU

IMG_5331

Banjarbaru – Senin, 6 Februari 2017 diresmikan Depo Arsip Kota Banjarbaru yang terletak di jalan Ir.Pangeran M.Noor Komp. Permata Indah Rt.12 Rw.II Kelurahan Sungai Ulin Kecamatan Banjarbaru Utara yang bersampingan dengan Puskesmas Sungai Ulin. Depo Arsip ada 2 (dua ) buah yang pertama dibangun pada tahun 2013 dan telah dipergunakan sebagai tempat pengolahan, penataan dan penyimpanan arsip yang sudah diolah, ditata disimpan sebanyak 1.923 boks arsip yang berasal dari 11 SKPD. Depo Arsip kedua adalah depo dengan luas bangunan 360 M2 (2 lantai) dengan nilai kontrak Rp.1.540.779.000,- yang berasal dari dana APBD Kota Banjarbaru tahun anggaran 2016 yang pembangunannya dilaksanakan oleh CV.Aulia Rezeki. Depo ini dapat menyimpan arsip sebanyak 7.140 boks arsip atau sekitar 99 M3 arsip.

Depo Arsip Banjarbaru di resmikan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Bapak DR. Mustari Irawan, M.PA, Walikota Nadjmi Adhani, Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan, Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah, PLT Asisten Administrasi Umum Setda Prov Kal-Sel Ir. Syamsir Rahman MS,  sekaligus pencanangan “GASAN” Banjarbaru Berkarakter (Gerakan Sadar Arsip Nasional) yang didampingi oleh Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru, Ketua DPRD Kota Banjarbaru dan Plt. Setda Provinsi Kalimantan Selatan.

IMG_5360

Pada kesempatan lain Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengatakan Kota Banjarbaru berpotensi menjadi kota Lokasi Pembangunan Depo Arsip Regional Kalimantan. Hal ini sudah dikoordinasikan dengan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia. Selain pertimbangan lahan, Banjarbaru juga unggul dari segi keamanan karena posisi di luar lempengan bumi yang rawan bencana gempa atau tsunami. Depo Arsip Regional ini nantinya memuat koleksi arsip bersejarah seperti dokumen, foto, peta dan lainnya. Depo ini bukan sebatas tempat penyimpanan tapi juga pusat edukasi sejarah local yang bisa diakses public. (Ly-Ros)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *